Monday, November 23, 2009

Tenggelamnya Kapal Dumai Express Ciderai Program 100 Hari SBY


Tenggelamnya Kapal Dumai Express Ciderai Program 100 Hari SBY

Jakarta - Salah satu program 100 hari pemerintahan SBY-Boediono adalah mengurangi tingkat kecelakaan dalam bidang transportasi. Peristiwa tenggelamnya Kapal Dumai Express jelas telah mencoreng program 100 hari tersebut.

"Sebagai anggota Komisi V DPR, tenggelamnya Kapal Dumai Express 10 di Tanjung Karimun jelas mencederai program 100 hari pemerintah. Sebab, dalam rangka zero accident menjadi program, kejadian ini menjadi cacatan negatif," kata Ketua FPKB Marwan Jafar kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (23/11/2009).

Menurut anggota komisi perhubungan ini, Departemen Perhubungan sebagai regulator harus menertibkan aparatnya di masing-masing pelabuhan. Hal ini untuk menghindari kasus serupa terjadi lagi akibat kesalahan para petugas lapangan yang lalai.

"Para Adpel (administratur pelabuhan) dan syahbandar harus ditertibkan dan diberi sanksi jika ada kelalaian. Terutama dalam rangka pengawasan penumpang yang berlebihan," pintanya.

Ketua DPP PKB ini meminta Dephub dan pemerintah secara umum segera melakukan penanganan korban tenggelamnya kapal Dumai Express. Hal ini sangat penting agar tidak menimbulkan persoalan-persoalan baru yang tidak perlu.

"Penanganan korban harus diprioritaskan. Perusahaan harus memberi santunan bagi yang meninggal dan cedera. Bagi anak-anak korban meninggal harus diberi beasiswa sampai Perguruan Tinggi," pintanya.

Selain hal itu, Marwan meminta perusahaan yang mengangkut penumpang harus diberi sanksi sesuai UU yang berlaku. Alasannya ada indikasi dan fakta kuat bahwa manifest penumpang banyak yang tidak cocok dan melebihi kapasitas penumpang. Hal ini menunjukkan pihak perusahaan tidak mengindahkan ramalan cuaca yang sudah diketahui dan diumumkan.

"Dephub harus segera mengaudit perusahaan tersebut. Kecelakaan kapal beberapa tahun yang lalu sudah sering terjadi, maka Dephub harus mengetatkan pengawasan terhadap kapal-kapal yang akan berlayar. Ini ujian bagi menteri baru untuk menunjukkan kinerjanya dalam rangka zero accident," pungkasnya.
(yid/iy)

Source :
Detik News



Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Post a Comment

Terbaru

Kuliner

Popular Posts

 

Berita Dan Informasi Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha