Wednesday, November 25, 2009

Buyung: Beri Arahan Seperti Susno, Jampidsus Juga Harus Tanggung Jawab!


Buyung: Beri Arahan Seperti Susno, Jampidsus Juga Harus Tanggung Jawab!

Rachmadin Ismail - detikNews

Jakarta - Tidak hanya Kabareskrim Pol Komjen Susno Duadji, sejumlah pejabat di Kejasaan Agung (Kejagung) juga harus dicopot karena terbukti lalai dalam penanganan kasus Bibit dan Chandra. Salah satunya adalah Jampidsus Marwan Effendi.

"Jaksa juga harus bertanggung jawab karena ikut memberi arahan. Di Kejaksaan arahan kan diberikan oleh Jampidsus, dia harus bertanggung jawab," kata mantan Ketua Tim 8 Adnan Buyung Nasution, saat berbincang lewat telepon, Rabu (25/11/2009).

Menurut anggota Wantimpres ini, Marwan adalah pihak yang berperan serupa dengan Susno dalam kasus yang diduga rekayasa tersebut. Mereka mengarahkan anak buahnya agar terus memproses Chandra dan Bibit, meski bukti-bukti tidak mendukung.

Buyung juga ikut mendesak Jaksa Agung dan Kapolri untuk mundur dari jabatannya. Hal ini dirasa perlu sesuai dengan arahan Presiden SBY untuk melakukan perbaikan dan reposisi di tubuh lembaga penegak hukum.

"Kalau secara hierarkis, yang disarankan untuk pembenahan sebagai pucuk tertinggi ya Kapolri dan Jaksa Agung," tegasnya.

Sementara itu, Buyung menilai masih adanya budaya 'asal bapak senang' dalam penanganan kasus Chandra dan Bibit. Para penyidik dan jaksa peneliti yang sebetulnya cukup profesional dipaksa untuk bekerja sesuai dengan arahan pimpinan sehingga terbawa arus buruk.

"Padahal seharusnya seorang penyidik itu dalam kepalanya kosong, bukan sudah ditentukan dulu siapa tersangkanya dan apa perkaranya. Baru dicari-cari kesalahannya," tutup Buyung.

(mad/nrl)

Sumber : DetikNews

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

1 Comment:

fikaz brain said...

salam kenal semuanya...;)

Post a Comment

Terbaru

Kuliner

Popular Posts

 

Berita Dan Informasi Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha