Saturday, June 15, 2013

Bahan Harga Kerupuk Jengkol Menyentuh Rp100 Ribu/Kg




Kabar-kabar terkini, Bahan Harga Kerupuk Jengkol Menyentuh Rp100 Ribu/Kg - Untuk harga kentang di tingkat pengecer sebelumnya Rp5.500 per kilogram (kg) naik menjadi Rp7.600, harga ini naik sejak tiga hari lalu. "Kentang ini naik sejak tiga hari lalu, akibat pasokan dari daerah Kerinci, Jambi, kurang," ucap Edy BNR pemilik kios Cabe Giling Super di Jalan Sandang Pangan Pasarraya Padang, Sabtu (15/6/2013).

Beberapa bahan kebutuhan pokok mulai beranjak naik, mulai minyak goreng, telur, kentang, sayur dan daging ayam sudah mulai berangsur naik dengan harganya bervariasi, dan bahkan harga kerupuk jengkol lebih mahal dari harga satu kilogram daging sapi. Sedangkan cabai terancam naik.

Seharusnya hari ini dia dapat kentang baru dari Kerinci sebanyak 200 kg, namun sampai hari ini belum ada. "Yang kita jual ini masih stok kemaren dan hari ini belum ada masuk, kita menduga menjelang puasa ini banyak yang meminta pasokan dari pasar lain sehingga kentang yang masuk ke Pasarraya Padang berkurang," ujarnya.

Sementara untuk harga telur saat ini naik dari harga satu papan (30 butir) telur ayam ras Rp27 ribu naik menjadi Rp30 ribu, sedangkan untuk telur itik dari Rp90 ribu naik menjadi Rp100 ribu per papan. "Harga ini naik sejak tanggal 10 bulan ini, ini disebabkan harga pakan ayam seperti jagung naik," kata Wati pedagang telur.

Untuk minyak manis atau minyak curah juga terjadi kenaikan, dari Rp9.000 per kg naik menjadi Rp9.500 per kg harga minyak ini naik dalam minggu ini.

Begitu juga dengan harga daing ayam terjadi kenaikan mulai dari harga Rp14 ribu naik menjadi Rp14.500. Menurut Musrial pedagang ayam, harga ini naik sebab saat ini mahasiswa masih kuliah.

"Keberadaan mahasiswa saat ini sangat mempengaruhi harga ayam, sebab pembeli ayam ini banyak dari kalangan mahasiswa, kalau mahasiwa libur bisa saja harga ayam ini anjlok seperti saat ini mahasiswa akan libur, sedangkan harga ini akan naik kalau mahasiswa sudah mulai kuliah, banyak yang datang ke kota Padang," ungkapnya.

Sementara untuk harga sayur mayur yang naik adalah kacang buncis dari Rp6.000 naik menjadi Rp9.000. Dan yang lebih aneh lagi harga bahan kerupuk jengkol per kilo naik drastis dari Rp60 ribu per kilogram naik menjadi Rp100 ribu, harga kerupuk jengkol ini lebih mahal mahal dari harga daging sapi Rp90 ribu per kg.

Sementara harga cabai saat ini juga terancam naik, menjelang bulan puasa, sampai hari ini harga cabai merah dari Jawa Rp35 ribu per kilogram dan Rp24 ribu untuk harga cabai hijau. Melihat kondisi cabai sudah mulai banyak permintaan. Untuk harga bawang merah dan bawang putih masih stabil, saat ini harga bawang merah Rp25 ribu, bawang putih Rp18 ribu.

Sumber : hxxp://economy.okezone.com/read/2013/06/15/320/822415/bahan-harga-kerupuk-jengkol-sentuh-rp100-ribu-kg

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

Terbaru

Kuliner

Popular Posts

 

Berita Dan Informasi Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha